Manfaat Hebat Puasa Bagi Kesehatan


Bagi umat muslim seluruh dunia bulan ramadhan adalah bulan yang di nanti-nantikan. Karena bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmah. Dan seluruh umat muslim yang sudah akil baliq dan sehat di wajibkan untuk berpuasa.



Tapi tahukah anda bahwa puasa selain menjalankan kewjiban sebagai umat islam, puasa mempunyai manfaat yang hebat bahkan beberapa peneliti menyebutnya sebagai mujizat puasa?

Berbagai penelitian telah mengungkap adanya mujizat puasa yang di tinjau dari perspektif medis modern.Dalam penelitian ilmiah tidak di temukan adanya efek merugikan dari puasa pada jantung,paru,hati,ginjal,mata,profil endrokin,hematologi dan fungsi neuropsikiatri.

Berbagai penelitian tersebut di peroleh dari medline dan jurnal lokal di negara-negara Islam antara tahun 1960-2009.Seratus tiga belas artikel yang memenuhi kriteria untuk pemilihan kertas dikaji secara mendalam untuk mengidentifikasi rincian bahan terkait.

Hasilnya terdapat manfaat luar biasa dan tidak di sangka sebelumnya oleh para ilmuwan tentang adanya mujizat puasa ramadhan aman untuk orang sehat dan sakit tertentu.Namun untuk yang sakit tertentu harus berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti rekomendasi dokter.

Para pakar nutrisi dunia mendefisinikan puasa atau kelaparan(starvasi) sebagai pantangan mengkonsumsi nutrisi baik secara total atau sebagian dalam jangka panjang atau pendek.
Sedangkan konsep puasa dalam Islam secara substansial adalah menahan diri agar tidak makan,minum dan berhubungan suami istri mulai terbit fajar sampai terbenam matahari.Sehingga puasa mempunyai perbedaan dibandingkan starvasi biasa.



       Inilah beberapa mujizat puasa bagi kesehatan manusia:

~ Keseimbangan anabolisme dan katabolisme

Berbeda dengan kelaparan atau starvasi dalam berbagai bentuk dapat mengganggu kesehatantubuh.Namun sebaliknya dalam puasa ramadhan terjadi keseimbangan anabolisme dan  katabolisme yang berakibat asam amino dan zat lainnya,membantu peremajaan sel dan komponennya memproduksi glukosa darah dan mensuplai asam amino sepanjang hari.
Cadangan protein yang cukup dalam hati karena asupan nutrisi saat buka dan sahur akan tetap menciptakan kondisi tubuh untuk terus memproduksi protein esensial lainnya seperti albumin,globulin dan fibrinogen. Hal ini tidak terjadi pada starvasi/kelparan (bukan puasa) jangka panjang karena terjadi penumpukan lemak dalam jumlah besar,sehingga beresiko terjadi sirosis hati.

~ Pengaruh glukosa dan penurunan berat badan
Studi kohort di lakukan pada 81 mahasiswa Universitas teheran of medical sciencies saat berpuasa. Di lakukan evaluasi berat badan index masa tubuh (BMI),glukosa,triglisite,kolesterol, lipoprotein,LDL,HD dan VLDL sebelum dan sesudah ramadhan.Hasil studi ini menunjukkan pe- nurunan berat badan dan glukosa.

~ Bermanfaat bagi jantung
~ Memperbaiki dan merestorasi fungsi kinerja sel
~ Sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dan ginjal serta meningkatkan 
kekuatan osmosis urin
~ Dalam keadaan puasa ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
~ Penurunan berbagai hormon salah satu rahasia hidup panjang
~ Bermanfaat dalam pembetukan sperma
~ Bermanfaat untuk penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis 
~ Memperbaiki hormon testoteron dan performa seksual
~ Pengaruh fungsi kelenjar gondok
~ Tidak mengakibatkan pengasaman dalam darah
~ Memperbaiki kondisi mental secara bermakna
~ Peningkatan komunikasi psikososial baik dengan Allah dan sesama manusia
~ Menurunkan adrenalin

Demikian beberapa manfaat puasa yang saya ambil dari berbagai sumber. Namun pada kesempatan kali ini manfaat-manfaat tersebut belum saya tulis secara mendalam,jika di kupas satu persatu dari manfaat-manfaat tersebut masih banyak terkandung penjelasan ilmiah yang dahsyat.
Di lain kesempatan saya akan tulis lebih detail manfaat-manfaat tersebut.

 Baca juga: http://sehatluwihindah.blogspot.com/2015/06/manfaat-dampak-luar-biasa-bagi.html
Semoga bermanfaat, jangan lupa klik juga rubrik lainnya.. Terima Kasih..
Wassalam..
      

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Hebat Puasa Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Ads Inside Post